Rabu, 16 November 2011

Kampung Makassa, kampungnya orang Makassar di Afrika!

makassa perkampungan orang makassar di afrika

Taukah anda bahwa di Cape Town Afrika Selatan, terdapat sebuah perkampungan bernama Makassa?. Mungkin yang terlintas dibenak anda adalah kemiripan nama dengan kota Makassar, ibukota Sulawesi Selatan. Bila memang itu yang anda pikirkan berarti anda benar karena ternyata  memang penduduk di perkampungan tersebut merupakan pendatang asal Makassar.

“Di Afsel, ada penduduk keturunan dari Indonesia. Jumlahnya hampir mencapai 2 juta jiwa. Mereka datang pertama kali dari Makassar sejak lama. Makanya perkampungan disana bernama Makassa, mirip Makassar. Hanya huruf R-nya hilang,” kata Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan Sjahril Sabarudin usai bertemu Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di Gedung Pakuan Jalan Otto Iskandardinata Kota Bandung, Jumat (21/10/2011).

Penduduk Makassa, lanjut Sjahril, tetap mempertahankan cara memakai baju dengan cara Islam, misalnya memakai peci, gamis, koko, dan lain-lain. Karena tetap mempertahankan budaya asal, penduduk di sana disebut Keep Malay.

“Tetapi bukan melayu Malaysia. Memang ada salah pengertian. Tetapi sudah saya luruskan bahwa Syekh Yusuf bukan dari Malaysia, tetapi dari Makassar. Di Makassa, orangnya seperti kita semua. Mereka banyak mengimpor baju-baju muslim, muslimah, kemeja batik,” ungkapnya.


Sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar